PERANG LEGITIMASI ELITE



Instabilitas Permanen; Suka atau tidak, inilah kondisi faktual yang terjadi dalam proses demokratisasi yang sangat kita banggakan.Sebuah pencapaian semu yang berpotensi menimbulkan instabilitas baik secara horizontal ataupun vertikal.

Secara horizontal,hak eksklusif yang dimiliki oleh para elite hanya akan menghasilkan suatu demokrasi kartel, di mana partai (kumpulan elite) lebih mengurus kepentingannya sendiri (Katz dan Mair, 1995).

Akan terjadi situasi konflik permanen di antara para elite dalam usaha perebutan otoritas eksklusif yang bersifat absolut. Sementara secara vertikal, demokrasi elitis ini akan berujung pada terbentuk apatisme publik kepada aktor-aktor yang menamakan dirinya kaum elite.

Hal ini tentu saja akan mengerucut pada rendahnya derajat legitimasi dari setiap keputusan yang diambil. Negara akan terjebak dalam disparitas pendapat yang berpotensi menyebabkan terjadi deadlock. Akhir kata, harus diakui, proses perjalanan demokratisasi kita memang masih berusia muda.

Masih panjang perjalanan sejarah yang harus dilalui untuk bisa mencapai tahapan mapan. Sebuah pencapaian yang hanya akan terwujud manakala sejarah itu tidak diisi kaum elite yang berpikiran 'elitis'

Januari 17,2013

Comments

Popular Posts